BLIPB

B L I P B
BIRO LITERASI INFORMATIKA DAN PENGEMBANGAN BAHASA

Selayang Pandang & Struktur Organisasi

BLIPB (Biro Literasi Informatika dan Pengembangan Bahasa) Putra Indonesia Malang merupakan salah satu unit penunjang yang berperan serta dalam mewujudkan visi dan misi institusi pendidikan Putra Indonesia Malang. Yang dimaksud dengan institusi pendidikan Putra Indonesia Malang adalah Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang dan Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang. Pembentukan unit ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan perpustakaan, laboratorium computer dan Laboratorium Bahasa serta pengelolaan IT.

STRUKTUR ORGANISASI
BIRO LITERASI INFORMATIKA DAN PENGEMBANGAN BAHASA
Periode 2019 – 2020

PERPUSTAKAAN

Sebagai salah satu sub-unit Biro Literasi Informatika dan Pengembangan Bahasa, Perpustakaan Putra Indonesia Malang bertujuan memberikan pelayanan bahan rujukan dan informasi untuk keperluan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk penyelenggarakan tugas tersebut perpustakaan mempunyai fungsi menyediakan dan mengolah bahan pustaka, memelihara bahan pustaka, melakukan pelayanan, dan melakukan tugas tata usaha perpustakaan.

Saat ini, Perpustakaan Putra Indonesia Malangmemiliki 17.000 judul koleksi buku tercetak. Koleksi buku ini dapat dipinjam dan ada yang tidak dapat dipinjam, seperti buku referensi. Selain koleksi tercetak terdapat pula terbutan berkala yang rutin dilanggan berupa jurnal, majalah dan bulletin. Tersedia pula koleksi hasil karya dosen dan hasil karya mahasiswa, termasuk makalah, Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis. Hasil karya civitas akademik Putra Indonesia Malang dalam bentuk koleki digital dapat diakses melalui http://repository.pimedu.ac.id

Perpustakaan Putra Indonesia Malang tidak hanya menyediakan koleksi berbentuk tercetak. Tersedia pula koleksi digital yang dapat diakses di Perpustakaan Putra Indonesia Malang. Koleksi digital yang dimiliki Perpustakaan Putra Indonesia Malang berupa buku digital dan jurnal digital. Buku digital yang dimiliki oleh Perpustakaan Putra Indonesia Malang dilanggan dan diperoleh dari penerbit buku yang bereputasi. Adapun buku digital dapat diakses melalui smartphone dengan mendownload Aplikasi Digilib Putra Indonesia Malang di playstore. Sedangkan, jurnal yang dilanggan adalah Proquest yang menyediakan kebutuhan jurnal kesehatan yang relevan dengan kebutuhan institusi.

Sebagai upaya untuk terus mengikuti perkembangan dalam pengelolaan perpustakaan, maka Perpustakaan Putra Indonesi Malang menjadi anggota aktif dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Timur. Sistem Layanan yang dikalsanakan di Perpustakaan Putra Indonesia Malang adalah system layanan terbuka. Seluruh civitas akademik (fasilitator, peserta didik dan karyawan) secara otomatis terdaftar sebagai anggota perpustakaan serta dapat memanfaatkan semua koleksi dan fasilitas yang tersedia di Perpustakaan Putra Indonesia Malang.

BAHASA

Salah satu sub-unit dalam Biro Literasi Informatika dan Pengembangan Bahasa yang mengelola pengembangan bahasa dan pelatihan kepada civitas akademik agar mampu berperan secara optimal dalam mengembangkan kemampuan bahasa civitas akademik dalam menghadapi persaingan global. Untuk jangka panjang, unit Bahasa tidak hanya berupaya untuk meningkatkan kompetensi Bahasa inggris, melainkan Bahasa asing lainnya sekaligus berupaya dalam mengembangkan budaya literasi di lingkungan pendidikan Putra Indonesia Malang.

Unit Bahasa melaksanakan English Proficiency Test untuk mengukur kemanpuan Bahasa Inggris dengan menggunakan standart-standar yang hamper sama dengan TOEIC/TOEFL.

Salah satu kegiatan dalam upaya peningkatan kompetensi Bahasa Inngris adalah praktik langsung dengan penutur asli Bahasa Inggris (English Native Speaker). Kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris terutama keterampilan “speaking” dan “listening“.

Laboratorium Bahasa

Laboratorium Bahasa merupakan laboratorium bahasa audio visual yang dilengkapi dengan Laptop serta memiliki multi sarana/fungsi dalam pengajaran bahasa. Laboratorium bahasa ini dimaksudkan untuk memberikan sarana pengembangan intensif ketrampilan berbahasa (listening, speaking, reading dan writing). Kegiatan belajar bahasa dalam laboratorium ini juga dimaksudkan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar bahasa secara individual atau kelompok sesuai dengan tingkat atau kecepatan belajar bahasa mereka.Progaram pelatihan bahasa di laboratorium bahasa dioperasikan dengan CD-ROM, video dan file Audio.

Dengan kecanggihan laboratorium bahasa multimedia ini, pembelajaran bahasa secara mandiri bisa mengembangkan semua keterampilan bahasa dengan berbagai media/fungsi serta sumber belajar bahasa yang dimiliki oleh laboratorium ini. Kedepannya laboratorium bahasa diharapkan bisa dikembangkan sebagai self-access learning center yang benar-benar memadai dan kondusif bagi pengembangan bahasa di Putra Indonesia Malang.

PELAKSANA TEKNIK KOMPUTER

Salah satu sub-unit dalam Biro Literasi Informatika dan Pengembangan Bahasa yang melaksanakan teknis komputer dalam memaksimalkan mengelola IT untuk layanan perpustakaan, layanan bahasa, perawatan serta perbaikan komputer perkantoran dan pembelajaran di laboratorium komputer.

Selain memaksimalkan pemanfaatan IT untuk menunjang berbagai layanan yang ada di BLIPB, unit pelaksana teknis komputer juga mendukung kegiatan institusi dalam pelaksanakan Combuter Based Test (CBT) . Untuk kedepannya, unit pelaksana teknis komputer akan menjadi penyelenggara Ujian Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS).

Pengelolaan jaringan internet menggunakan mikrotik tak kalah penting dan menjadi salah satu prioritas dalam pelaksana teknis komputer, mengingat bahwa Internet merupakan sarana pedukung kegiatan pembelajaran dan operasional kegiatan di civitas akademik Putra Indonesia Malang

Open chat
1
Hubungi kami via WhatsApp.
Powered by