YUDISIUM MAHASISWA AKAFARMA-AKFAR PIM MALANG

AKAFARMA_AKFAR PUTRA INDONESIA MALANG menggelar Yudisium  Ahli Madya Farfasi Tahun Akademik 2020/2021, Jum’at (24-09-2021). Acara tersebut diselenggrakan di Aula  Jl. Barito 5 Malang secara offline dan online dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Acara Yudisium ini diikuti oleh 204  yudisi yang terdiri dari AKFAR  174  lulusan dan AKAFARMA 30 lulusan. Acara berlangsung pada pukul 13.00WIB dengan pembawa Acara Andini, A.Md., S.Pd., M.A., M.Si.. Turut hadir dalam Yudisium ini pimpinan institusi dan dosen AKAFARMA-AKFAR PIM.

Susunan Acara pada Yudisium ini meliputi : Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Putra Indonesia Malang,Pembacaan SK Yudisium , penyerahan surat keterangan lulus secara simbolis, sambutan-sambutan, do’a dan penutup. Dengan  posisi berdiri tegap seluruh peserta menyanyikan lagi Indonesia raya dan mars Putra Indonesia Malang pada awal kegiatan yudisium. Lagu yang dinyanyikan membuat situasi yudisium lebih hidmad hingga peserta kembali duduk di tempat setelah lagu berakhir.

Penyampaian SK Yudisium  dan prestasi lulusan AKAFARMA PIM disampaikan oleh ibu Ambar Fidyasari, STP., MP , yaitu SK no. 237/A.20/AK.PIM/8/2021 tentang yudisium kelulusan tahun 2020-2021. SK tersebut berisi tentang daftar nama 30 mahasiswa yang dinyatakan lulus serta  prestasi Akademik/non Akademik mahasiswa pada tingkat nasional dan regional.Prestasi akademik  tertinggi AKAFARMA  diraih oleh Ayrton Hega Alpha Zona dengan IPK 3.98. Selain itu disampaikan pula beberapa mahasiswa yang telah diterima bekerja sebelum lulus pada beberapa perusahaan diantaranya PT. Interbat , PT KOSME, RS Lawang Medika.

Penyampaian SK Yudisium  dan prestasi lulusan AKFAR PIM disampaikan oleh ibu  apt. Endang Susilowati, M.Farm-Klin yaitu SK no.537/C.5/AKF.PIM/8/2021 tentang yudisium kelulusan tahun 2020-2021. SK tersebut berisi tentang daftar nama 174 nahasiswa AKFAR PIM yang dinyatakan lulus . Predikat cumloude diraih  21 mahasiswa  dengan IPK tertinggi  3,72 diraih oleh 2 mahasiswa yaitu Ayu Mayang Sari dan Melynia Adhaning Putri. Selain itu prestasi 10 besar E Learning tingkat Regional dan 10 besar try out UKTTK tingkat Nasional.Beberapa prestasi non Akademik  diantaranya pada kegiatan Internasional Herba Creativity and Innovation, Kompetisi Debat Mahasiswa indonesia dan lain lain.

Penyerahan surat keterangan lulus secara simbolis kepada beberapa mahasiswa  dari  AKAFARMA  diberikan oleh Fitri Eka Lestari, S.Gz.M.Biomed dan dari AKFAR oleh Apt. Lailiyatus Syafah, M.Farm , kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan nama nama seluruh mahasiswa Yudisium yang mendapatkan surat keterangan lulus.

Sambutan I disampaikan oleh Gadis Intan Permatasari. Sebagai perwakilan lulusan menyampaikan terimakasih atas dedikasi dan pengorbanan bapak ibu dosen dalam memberikan pendidikan baik akademik maupun non akademik. Kelulusan ini bukanlah akhir dari perjuangan tetapi merupakan awal kami dalam meraih cita-cita. Oleh karena itu kami mohon doa restu agar kami dapat menggapai cita-cita dan kesuksesan dalam kehidupan. Selanjutnya  perwakilan mahasiswa tersebut berkomitmen menjaga almamater, menjaga hubungan baik dengan institusi kampus dan menerapkan ilmu yang diperoleh selama pendidikan.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Dra.Wigang Solanjari sebagai perwakilan Dosen danDosen  Wali. Dalam sambutannya  beliau menyampaikan bahwa Yudisium adalah ketetapan /keputusan dinyatakan lulus dari serangkaian pendidikan panjang. Selajutnya disampaikan pula permintaan maaf jika selama proses belajar mengajar terdapat kesalahan. Sambutan diakhiri dengan pembacaan  peribahasa, “Kalium nama lainnya potasium uji nyala warnanya Ungu. Selamat kepada yang Yudisium semoga masa depan kalian secerah langit yang biru.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Dr. apt. Bilal Subchan AS., M.Farm. sebagai Direktur AKFAR PIM. Dalam sambutannya beliau menyatakan Yudisium merupakan hal yang sakral bagi mahasiswa,  karena ketika SK muncul maka mahasiswa berhak menyandang gelar kelulusan sebagai ahli madya farmasi, dan dapat bekerja secara legal jika telah mengikuti ujian sertifikasi kompetensi. Kegiatan yudisium diakhiri dengan doa  secara hidmad yang disampaikan oleh apt.Reza Marisa S.Farm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *