Tips Mengecilkan Perut Buncit Selain Olahraga

Perut buncit lebih sering diatasi dengan berolahraga. Tetapi ada cara lain selain olah raga yaitu mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang mendukung untuk mendapatkan perut idaman. Tips untuk mendapatkan bentuk perut idaman:

1. Perbanyak konsumsi serat

Konsumsi serat dapat membuat kondisi merasa kenyang lebih lama. Rasa kenyang tersebut membuat keinginan makan lebih banyak atau ngemil, akan berkurang. Serat juga baik untuk sistem pencernaan sehingga akan mengurangi perut kembung dan mencegah perut terlihat lebih buncit.

2. Mengurangi konsumsi karbohidrat

Karbohidrat kompleks merupakan pilihan yang tepat untuk mengecilkan perut, seperti gandum utuh, selanjutnya menghindari makan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar biasa, atau pasta. Karbohidrat sederhana akan diubah menjadi glukosa atau gula. Jika mengonsumsi gula lebih dari yang seharusnya, maka kelebihan gula tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

3. Meningkatkan konsumsi protein

Mengonsumsi protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur, dan daging sapi, umumnya memiliki persentase lemak perut yang lebih rendah.

4. Mengurangi asupan kalori

Cara mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan kalori harian, supaya berat badan berlebih pun bisa dipangkas, begitu juga dengan ukuran perut. Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengurangi asupan kalori secara drastis. Sebab jika terlalu sedikit kalori yang masuk, maka metabolisme tubuh seperti penyerapan cairan, pembakaran lemak, maupun penyerapan nutrisi pun akan melambat.

5. Membatasi garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa membuat penyerapan air di tubuh jadi terganggu, sehingga banyak cairan menumpuk, termasuk di area perut. Hal ini akan membuat perut kembung dan terlihat buncit. Sehingga, salah satu cara mengecilkan perut yang efektif adalah dengan membatasi asupan garam. Kita bisa mengganti garam yang biasa dikonsumsi dengan garam laut yang lebih rendah sodium, atau menambahkan rempah-rempah pada makanan agar rasanya lebih lezat.

6. Mengurangi gula

Gula adalah salah satu penyebab paling umum seseorang memiliki perut buncit. Jadi, membatasi asupan gula bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut yang efektif. Asupan gula berlebih biasanya didapatkan dari minuman-minuman kemasan seperti teh kemasan, susu, soda, dan jus buah. Sehingga sebaiknya kita menghindari minuman tersebut jika ingin memiliki perut yang rata.

7. Minum air putih yang cukup

Minum satu gelas air putih sebelum makan akan membantu merasa sedikit kenyang, sehingga porsi makan bisa dibatasi.

8. Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang akan membantu berbagai fungsi di tubuh, termasuk dalam pembakaran dan distribusi lemak. Probiotik bisa didapatkan dari makanan ataupun minuman yang difermentasi seperti tempe, yogurt, atau kimchi.

9. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu cara mengecilkan perut yang perlu diperhatikan. Sebab, saat seseorang kurang tidur, keseimbangan hormon di tubuhnya akan berubah dan membuat mereka menjadi lebih cepat lapar. Jadi, jika ingin menghilangkan perut buncit sambil menurunkan berat badan, tidurlah yang cukup yaitu 7-9 jam seharinya.

10. Mengurangi stres

Orang yang stres akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa meningkatkan nafsu makan. Sehingga, orang yang stres seringkali mengalami kenaikan berat badan. Untuk mengurangi stres, Bisa dilakukan dengan berlibur, melakukan hobi, atau bercerita pada orang-orang terdekat.

11. Mengunyah makanan hingga halus

Cara mengunyah makanan juga bisa berpengaruh terhadap ukuran perut. Sebab, jika ditelan dalam kondisi yang kurang halus, makanan tidak akan bisa dicerna sangat sempurna. Akibatnya, perut rentan terasa kembung dan terlihat buncit.

12. Memakan makanan lebih pelan

Jika makan terlalu cepat, otak tidak punya cukup waktu untuk memberikan informasi bahwa tubuh sudah mengonsumsi terlalu banyak kalori. Makan terlalu cepat juga akan membuat kita menelan terlalu banyak udara dan gas, sehingga berisiko merasa kembung.

13. Mengonsumsi cuka apel

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel dipercaya dapat meluruhkan penumpukan lemak di tubuh. Meski begitu, penelitian mengenai hal ini baru dilakukan pada hewan uji, sehingga masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat dampaknya langsung pada manusia.

14.Mengurangi banyak menelan udara dan gas

Minuman yang terbuat dari soda, bisa menyumbangkan gas berlebih ke saluran pencernaan kita. Jika terlalu banyak, gas ini akan membuat perut terasa kembung dan terlihat lebih buncit. Masuknya gas berlebih ke tubuh juga bisa terjadi akibat mengunyah permen karet, minum melalui sedotan atau makan sambil berbicara.

15. Memperhatikan porsi makan

Untuk mengecilkan perut yang buncit, juga harus memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Makan secukupnya dan memastikan menu yang dimakan adalah makanan sehat. Sebaiknya lebih banyak mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum dan yang mengandung asam lemak jenuh tunggal seperti alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

16. Minum teh hijau dan kopi tanpa gula

Minum teh hijau atau kopi tanpa gula dinilai dapat meningkatkan pembakaran kalori di tubuh. Selain itu, kedua minuman ini juga bisa mengurangi ukuran lingkar pinggang dan membuat perut terlihat lebih rata.

17. Menjalani  Puasa (intermitten fasting)

Intermitten fasting adalah salah satu metode diet yang paling populer saat ini. Intermintten fasting bisa diartikan sebagai diet puasa, sebab dalam diet ini, ada keharuskan untuk berpuasa selama 24 jam dua hari seminggu, atau menggunakan hitungan 16:8, yaitu berpuasa selama 16 jam dan boleh makan selama 8 jam dalam sehari. Selama puasa masih dibolehkan minum air putih maupun minuman lain yang tidak berkalori. Diet ini dianggap sebagai salah satu cara mengecilkan perut yang paling efektif.

18. Makan ikan yang berlemak atau minyak ikan

Mengonsumsi ikan yang berlemak seperti salmon satu atau dua kali seminggu bisa jadi salah satu cara mengecilkan perut yang lezat untuk lidah. Sebab, ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 dan protein kualitas tinggi. Kedua komponen tersebut dipercaya dapat mengurangi penumpukan lemak di hati dan perut. Konsumsi ikan ini juga bisa diganti dengan minyak ikan atau suplemen minyak ikan.

19. Mengganti minyak biasa dengan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung medium-chain trygliserides (MCTs) yang dipercaya dapat memberikan energi dan membuat kita merasa lebih kenyang. Minyak ini juga disebut dapat bantu mengurangi ukuran lingkar pinggang.

20. Mengatur jam makan

Makan snack yang mengandung protein antara pukul 15.00-16.00 dipercaya dapat membantu mencegah perut jadi buncit. Konsumsi kudapan seperti protein bar atau kacang almond dengan apel, yang bisa memicu metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah. Semakin rendah kadar gula darah, maka semakin rendah juga kadar insulin. Sementara itu, insulinlah yang membuat tubuh menyimpan lemak di area perut.
Semua tips diatas tentu akan lebih maksimal hasilnya apabila disertai dengan berolahraga secara teratur.

One thought on “Tips Mengecilkan Perut Buncit Selain Olahraga

  • November 26, 2020 at 3:33 am
    Permalink

    Berhenti makan nasi…klo wis semego…ya susah juga sih..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *