Persiapkan Mahasiswa Untuk Masuk Dunia Kerja, AKAFARMA-AKFAR PIM Beri Pelatihan Softskill Online

AKAFARMA-AKFAR Putra indonesia Malang mengadakan “Pelatihan Softskill Online/Virtual Training Persiapan Praktek Kerja Lapang Mahasiswa” selama 2 hari. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai tingkat softskill Mahasiswa agar siap di dunia kerja yang diawali dengan praktek kerja lapang. Softskill yang diharapkan meliputi kemampuan dalam komunikasi, inisiatif, kreatif serta kemampuan beradaptasi pada perubahan dunia kerja/karir. Program ini bekerja sama dengan “Cristal Indonesia Manajemen” dengan jadwal pelatihan terdiri atas 2 kelas yaitu :

a. Kelas A : tanggal 31 maret s/d 1 April 2021
b. Kelas B : tanggal 24 sd 25 maret 2021

Ketua Panitia PKL , apt. Fandi Satria, S.Farm mengungkapkan bahwa Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengasah softskill dari mahasiswa, baik secara interpersonal maupun intrapersonal. Pelatihan ini diharapkan dapat menyiapkan mahasiswa dengan kemampuan yang lengkap, jadi selain kemampuan akademik (Hard skill) mereka juga mempunyai softkill terkait dengan sikap, sehingga ketika terjun ke dunia kerja nyata adaptasinya tidak terlalu besar.

 

Nia K  salah satu coach pada pelatihan ini memberikan arahan bahwa untuk berhasil semua membutuhkan proses. Beberapa hal yang  harus dilakukan adalah:

  • Selalu berpikir, berkata, berprasangka, berbuat yang baik agar kebaikan akan datang kepada kita.
  • Selalu lakukan afirmasi positif setiap pagi hari saat bercermin. Contoh kata kata afirmasi positif,” Hari ini saya akan bertemu dengan orang-orang baik, hari ini saya  bahagia, hari ini saya sangat bahagia.
  • Selalu katakan 5 jari sebagai simbul huruf “YAKIN” pasti bisa.

Peserta pelatihan yaitu mahasiswa Akafarma-Akfar terlihat sangat antusias mengikuti tahap demi tahap proses training. Beberapa mahasiswa mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat, powerfull dan waktu pelatihan selama 2 hari dirasakan sangat singkat.

Risma Kusumanendra menutup acara dengan mengatakan bahwa anak muda yang berhasil adalah anak yang selalu mencoba hal hal yang baru. Keberhasilan sangat tergantung bagaimana cara mengawali. Untuk mengawali hanya ada 3 masa yaitu Masa Lalu, Masa sekarang dan Masa Depan. Masa lalu tidak dapat dirubah, masa datang masih belum terjadi, masa sekaranglah yang harus dirubah untuk menjadikan masa depan yang lebih baik. Anak yang sukses selalu mengutamakan masa sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *