Outdoor Learning Akafarma-Akfar PIM Bersama PT. Yakult Indonesia Persada

Pada tanggal 22 April 2021, AKAFARMA-AKFAR PUTRA INDONESIA MALANG  mengikuti  Outdoor Learning yang diselenggarakan oleh PT. Yakult Indonesia Persada.  Kegiatan tersebut diselenggarangan secara virtual meliputi beberapa sesi yaitu :

1. Pengenalan profil PT. Yakult.

2. Kunjungan secara virtual ke area proses produksi.

3. Penjelasan tentang bahan baku

4. Tanya Jawab

Pada sesi 1 dijelaskan bahwa  Pt Yakult Indonesia Persada mulai berdiri sejak tahun 1990 di Indonesia dan merupakan pemegang lisensi dari Yakult Honsha Co.Ltd Jepang. Pabrik Yakult Indonesia di pulau Jawa mempunyai 2 tempat produksi yaitu di desa Pasawahan, Cicurug, Sukabumi dan Ngoro Industri, Ngoro, Jarang Sari, Lolawang, Kec. Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

Secara virtual terlihat peserta diarahkan menuju pintu gerbang lobby Pt Yakult dan dilanjutkan ke tempat proses produksi. Proses tersebut meliputi proses pembibitan, fermentasi, pencampuran gula dan air, proses pencetakan botol, pengemasan, dan proses penyimpanan produk di ruang pendingin.

Vicha sebagai humas Pt.Yakult menjelaskan, bahan baku yang digunakan dalam pembuatan Yakult adalah bakteri, susu bubuk, glukosa, dan air. Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat botolnya adalah polysteren, dan tutupnya dibuat menggunakan aluminium foil. Produk Yakult merupakan minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus Casei Shirota Strain yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup.

Pada sesi tanya jawab mahasiswa menuliskan pertanyaan melalui kolom chat , selanjutnya dijawab oleh perwakilan dari Pt,Yakult. Antusiasme mahasiswa terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dan semuanya telah dijawab dengan detil oleh Nico sebagai Humas Pt. Yakult.

Ambar Fidyasari, STP., MP. sebagai Direktur AKAFARMA PIM mengungkapkan 3 tujuan outdor learning PT. Yakult Indonesia Persada yaitu:

a. Sebagai sarana diskusi bagi mahasiswa mengenai  proses industri khususnya makananan minuman, mikrobiologi dan Teknik analisis hayati
b. Memberikan gambaran nyata situasi kerja kepada mahasiswa, terkait proses dan analisa industri makanan minuman, karena AKAFARMA merupakan pendidikan vokasi yang salah satu kompetensinya mahasiswa harus paham terkait proses dan gambaran umum industry dan analisisnya.
c. Memperluas wawasan dan pola pikir mahasiswa terhadap dunia industri pada umumnya dan proses industri makanan minuman  pada khususnya agar nantinya mahasiswa mampu menerapkan di dunia usaha maupun dunia industri.

apt. Endang Susilowati, S.Si.,M.Farm-Klin. sebagai Dosen sekaligus Wakil Direktur I Bidang pembelajaran dan Kemahasiswaan mengucapkan terimakasih kepada Pt. Yakult Indonesia Persada yang memberikan kesempatan berkunjung meskipun secara virtual dan berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan kunjungan berikutnya oleh mahasiswa Akafarma-Akfar Putra Indonesia Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *