Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Pepaya (Carica Papaya) sebagai tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia,  mempunyai khasiat yang tidak bisa di anggap enteng, dari buah muda bisa di buat sayur, buah yang sudah masak bisa dimakan segar atau sebagai campuran koktail. Bukan saja dari buahnya yang manis, daun pepaya yang rasanya pahit pun dapat diolah dan dikonsumsi sebagai makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Selain sebagai makanan, daun pepaya juga kaya manfaat diantaranya sebagai obat jerawat, sebagi jamu tradisional penambah nafsu makan, pelancar pencernaan, obat demam berdarah, pereda nyeeri saat haid, sebagai pelunak daging dan lain-lain.(Ma’mun nurcholis, 2013).

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan zat baik yang berlimpah, yaitu :

a) Sifat anti kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paruparu dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya peningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker.

b) Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker.

c) Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

d) Anti Malaria

Daun Pepaya telah ditemukan memiliki sifat anti malaria juga. Dengandemikian, jus daun pepaya sering digunakan di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

e) Pencegahan Demam Berdarah

Penelitian ilmiah dan beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa ekstra daun pepaya mengandung enzim papain meningkatkan trombosit. Perusahaan farmasi sudah menggunakan persiapan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter merekomendasikan mengambil 20 sampai 25 ml jus ini dua kali sehari selama seminggu untuk hasil yang cepat.

f) Mengurangi Nyeri Haid

Para wanita sejak dahulu memanfaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Caranya dengan merebus beberapa ambil 1 daun pepaya, tambahkan asam jawa dan garam, campur dengan segelas air dan didihkan. Minumlah ramuan ini pada saat datang bulan.

g) Membantu Pencernaan

Enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. Daun pepaya juga dapat membantu mencerna gluten protein gandum, yang terjadi bagi sebagian orang, yang dikenal sebagai penyakit celiac.

h) Meningkatkan Trombosit

Penelitian di seluruh dunia telah mengungkapkan bahwa daun ‘pahit’ pepaya sangat efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terutama untuk kasus kekurangan vitamin, sedang kemoterapi, demam berdarah dan banyak lagi.

i) Emfisema

Daun pepaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfisema (penyakit kronis akibat kerusakan pada alveolus, yaitu kantong udara kecil pada paru-paru).

Selain manfaat diatas pepaya juga mengandung enzim Papain. Enzim papain adalah enzim proteolitik yang diekstrak dari buah pepaya. Tugasnya adalah memecah protein menjadi peptida dan asam amino. Khasiat enzim papain telah dikenal sebagai obat alami dari berbagai macam kondisi medis, seperti rasa nyeri, peradangan, diare, hingga alergi. Selain dari buah pepaya, enzim papain kini sudah bisa dikonsumsi dalam bentuk permen, kapsul dan bisa juga digunakan dalam bentuk krim.

By Humas PIM From :
Ma’mun, Nurcholis, 2013. manfaat-daun-buah-dan-biji-pepaya
Journal of Aquaculture Management and Technology Volume 2, Nomor 1, Tahun 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *