Khasiat Daun Kemangi Menyehatkan

Salah satu tumbuhan yang dipergunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan obat-obatan adalah daun kemangi(Ocimum Sanctum L) . Di Indonesia kemangi banyak terdapat di daerah Jawa dan Madura. Banyak ditemukan di sekitar pinggiran ladang, sawah kering, juga ditanam di taman dan di pinggir jalan, hutan terbuka, padang rumput, tumbuh liar di jalanan dan kadang-kadang juga dibudidayakan. Tanaman ini dapat tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 1100 meter diatas permukaan air laut.

KANDUNGAN KIMIA

Secara keseluruhan tanaman kemangi mengandung minyak atsiri yang banyak memiliki aktivitas antibakteri. Disamping itu juga mengandung flafon apigenin, luteolin, flavon O-glukotisidaapigenin 7-O glukoronida, luteolin 7-O glukoronida, flavon C-glukosida orientin, molludistin dan asam ursolat. Sedangkan pada daun kemangi sendiri, penelitian fitokomia telah membuktikan adanya flafonoid, glikosid, asam gallic dan asternya, asam kaffeic, dan minyak atsiri yang mengandung eugenol sebagai komponen utama. Minyak atsiri dalam daun kemangi (Ocimum sanctum L) mengandung aldehid, alkaloid, asam askorbat, beta carotene, carvacrol, cineole, eugenol, eugenol-metil-eter, glikosida, linalol, metil chavicol, limatrol, caryofilin, asam ursolat, n-triacontanol dan fenol. Kandungan pada biji kemangi ungu antara lain beta-sitosterol, lemak, asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, pentosa dan protein. Kandungan kimia dari daun kemangi yang bersifat larvasida adalah eugenol dan metil chavicol.

Eugenol merupakan anggota dari kelas alibenzena. Warnanya kuning jernih sampai kuning pucat. Bentuknya cairan berminyak yang diekstraksi dari tanaman tertentu, salah satunya dari Ocimum sanctum L. Sifatnya sedikit larut
dalam air namun mudah larut dalam pelarut organik. Aromanya menyegarkan dan pedas sehingga sering menjadi komponen untuk menyegarkan mulut. Senyawa ini dipakai dalam industri parfum, penyedap, minyak atsiri, obat
pencuci hama dan pembius lokal. Dalam industri, eugenol digunakan dalam memproduksi isoeugenol yang dipakai untuk membuat vanillin. Metil eugenol juga digunakan sebagai atraktan.

MANFAAT

Kemangi (Ocimum sanctum L) mempunyai banyak khasiat, antara lain  :

1) Bagus untuk pencernaan

Kemangi berfungsi untuk menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, menurunkan panas, menghilangkan sesak napas, mengobati diare.

2) Fungisida, bakterisida, nematisida dan repellen

Minyak atsiri daun kemangi (Ocimum sanctum L) mempunyai aktivitas antibakteri terhadap S. Aureus dan E. Coli sehingga berfungsi sebagai antibiotika. Efek fugisidanya untuk mengendalikan Pyricularia oryzae yang merupakan penyebab penyakit bercak dan busuk daun yang menyerang tanaman padi. Kandungan eugenolnya mampu menekan pertumbuhan nematoda . Selain itu kemangi telah terbukti efektif digunakan sebagai repellen.

3) Penghasil minyak atsiri

Minyak atsiri kemangi berbau harum yang dikenal dengan nama basil oil, minyak ini digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, shampo dan aroma terapi .

4) Sayuran dan minuman penyegar

Daun kemangi digunakan sebagai sayuran atau lalapan untuk menambah nafsu makan (appetizer). Selain daunnya, biji kemangi juga sering dimanfaatkan sebagai bahan minuman penyegar. Biji kemangi dapat menurunkan kolesterol, penambah daya ingat dan tonik.

5) Memperlancar aliran darah

Daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

6) Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun kemangi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

7) Mencegah kemandulan

Daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

8) Mengobati sariawan

Ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

9) Menghilangkan mual dan flu

caranya yaitu  keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

10) Menghilangkan bau mulut

Kemangi dapat menghilangkan bau mulut yaitu dengan mengambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

Ref :
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *