Dosen dan Tenaga Kependidikan AKAFARMA-AKFAR Putra Indonesia Telah Divaksin

 

AKAFARMA-AKFAR PUTRA INDONESIA MALANG pada hari senin, 24 Mei 2021 mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap I untuk Dosen dan Tenaga Kependidikan. Vaksinasi dilaksanakan di  Klinik Miracle Indira Jl. Wilis No.6 Malang pukul 9.oo WIB.

Koordinator vaksinasi Ambar Fidyasari, STP., MP. sebagai Direktur AKAFARMA PIM mengungkapkan bahwa kegiatan  vaksinasi ini merupakan program vaksin gratis dari Dinas Kesehatan untuk  Dosen AKAFARMA-AKFAR PIM dengan lokasi yang ditunjuk yaitu Klinik Miracle Indira.

Prosedur pertama  pelaksanaan vaksinasi yaitu proses pendaftaran dan verifikasi data peserta vaksinasi. Selajutnya  dilakukan pemeriksaan kondisi umum meliputi suhu badan, tekanan darah dan frekwensi denyut  nadi.

Proses berikutnya yaitu screening/penapisan yaitu penggalian riwayat penyakit (anamnesis). Penerima vaksin  akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid). Pada proses ini diberikan beberapa pertanyaan, termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada yang tidak memenuhi syarat, maka tidak diperbolehkan untuk dilakukan vaksinasi.

Tahapan berikutnya adalah penyuntikan vaksin COVID-19 , dilakukan penyuntikan  larutan vaksin ke dalam otot bahu lengan kiri. Selanjutnya pelaksanaan vaksinasi selesai dan dokter memberikan arahan tentang pasca pemberian vaksin diantaranya jika terjadi demam panas tinggi dianjurkan untuk meminum parasetamol.

Setelah vaksinasi akan dipantau gejala ikutan yang muncul pasca pemberian vaksin. Jika timbul gelala ikutan seperti mual, nyeri sendi, nyeri otot, alergi/ biduran sampai dengan pingsan/syncope maka akan mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter.

Tahap berikutnya adalah vaksinasi lanjutan yaitu 3 bulan berikutnya. Penerima vaksin hari ini diminta untuk hadir pada vaksinasi tahap II pada tanggal 18 agustus 2021 pada jam dan tempat yang sama.

Dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19  sejauh ini seluruh Dosen AKAFARMA-AKFAR PIM belum ada keluhan berarti, semua dalam keadaan sehat dan aman. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesehatan kepada kita semua. Amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *