DIET KETOGENIC, BAGAIMANA CARANYA?

Program diet pada umumnya hanya membatasi makanan yang membuat Anda merasa kenyang dan merekomendasikan makanan alternatif yang membuat ketergantungan. Jika ingin mencoba sebuah alternatif pola hidup yang menjaga tubuh dan tentunya emosi terkendali, gaya ketogenik mungkin jawabannya. Diet ketogenic, atau juga disebut “diet keto“, sebenarnya pola makan lama, tapi kini menjadi sangat populer. “Diet ketogenic awalnya terlihat seperti hanya menghindari gula, tapi kenyataannya pola sesungguhnya adalah konsumsi lemak tinggi dan menghindari berbagai jenis karbohidrat yang memicu glukosa tinggi di dalam darah. Sehingga harapannya kalori harian didapat 70-75% dari lemak, 20% dari protein, dan 5% dari karbohidrat. Pola makan rendah karbo lainnya sepeti paleo, atskin, maupun banyak lagi lainnya sudah bisa dirasakan manfaatnya. Dengan membatasi ketat asupan nasi, roti, mie, gula, tepung, dan karbohidrat olahan akan menurunkan risiko diabetes tipe 2, hingga  menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Uniknya dalanm diet keto ini,  tidak lagi perlu menghitung
  • Tidak perlu membeli produk khusus seperti pil ataupun shake
  • Tidak perlu terapi khusus
  • Hanya mengatur makan saja!

Prinsip Kerja Diet Ketogenic

Pola makan rendah karbo dan tinggi lemak (LCHF : Low Carb High Fat) banyak sekali alirannya. Prinsipnya adalah setiap sel dalam tubuh kita dapat menggunakan dua sumber bahan bakar, glukosa (gula) dan keton (lemak). Target dari diet keto adalah membatasi karbohidrat sehingga tubuh mampu beralih menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama. Konsumsi makanan tinggi lemak dan menghindari karbohidrat akan menempatkan tubuh  dalam metabolisme keton yang disebut ketosis.

Apakah makan lemak itu baik?

 Semua ilmu terbaru telah mengungkapkan dan menunjukkan bahwa lemak itu baik. Lemak dan protein adalah essensial bagi tubuh. Penting untuk meminimalkan asupan gula dan karbo yang memicu glokosa dalam darah. Ketika ada glukosa, tubuh akan menggunakan glukosa (fat storage), ketika tidak ada glukosa, tubuh akan menggunakan keton (fat burner)

“Gaya hidup ketogenic semaksimal mungkin menggunakan “real food” dengan rasio lemak tinggi, protein menengah, dan minim karbo. Ini akan membuat seseorang cenderung merasa kenyang lebih lama, padat kalori, sehingga nutrisi yang dibutuhkan lebih sedikit dari kebutuhan harian. Makan 1-2x sudah cukup.

Kita bisa memilih sarapan atau tidak. Program intermittent fasting / fastosis / OCD bisa membantu seseorang masuk ke kondisi ketosis lebih cepat. Jika berat badan normal atau underweight bisa sarapan sederhana dengan 1-2 telur dengan sedikit daging sapi.

Makan: Daging sapi, kambing, ayam, bebek, ikan, telur, keju dan lemak alami (minyak kelapa / VCO, cacao fat, zaitun).

Sayur : bukanlah makanan utama, tapi bisa konsumsi sedikit serat dari sayur hijau, jamur, timun.

Buah : Untuk buah bisa konsumsi terbatas dari alpokat dan kelapa.

Minuman : Kopi, teh, air putih

Snack : Beberapa jenis kacang bisa dikonsumsi terbatas, agar-agar

Apa Yang Perlu Anda Hindari ?

 Hindari: Semua jenis beras, gandum, gula, makanan bertepung, dan pati (kentang, singkong, jagung). Buah manis seperti pisang, mangga, nanas hindari dulu. Segala jenis minuman kemasan sebaiknya dihindari karena mangandung gula yang sangat tinggi.

Makan saat lapar, berhenti sebelum kenyang.

Untuk diet tidak perlu menghitung kalori atau menimbang makanan . Lupakan semua jenis makanan rendah lemak. Ketika  menghindari gula dan karbo, kadar gula darah akan  stabil dan insulin, hormon penyimpan lemak, tidak akan keluar. Hal ini meningkatkan pembakaran lemak dan membuat perut merasa lebih kenyang.

Membuat menu makan rendah karbo memang cukup menantang di dunia yang penuh gula ini. Tapi akan sederhana dengan mengikuti “Tantangan Keto 2 minggu”. Progam, menu, daftar belanja bisa didapatkan GRATIS!

Contoh Menu Diet Keto

Pagi : Makan sepotong daging ayam, labu siam dan air putih

Siang : Makan besar, yang lemak-lemak bebas, mau kikil, daging sapi dll plus mentimun Malam : Makan jenis ikan dan sayuran.

Cemilan : Kacang-kacangan Buah : Alpokat dan Anggur

Minuman : air Putih dan air teh Hijau.

Menu Keto merupakan menu hemat duit, tidak mahal , …selamat mencoba…! Salam Keto..!

ref: 
bapelkescikarang.bppsdmk.kemkes.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *