DAUN SURUHAN, “TANAMAN LIAR PENUH MANFAAT”

Suruhan (Peperomia pellucida)  adalah tanaman kecil  berakar dangkal yang mudah ditemukan, tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang dan taman. Ukurannya 15 sampai 45 cm. batang sekulen  (berair), cerah, berdaging, daunnya agak tebal tapi lunak. Sebutan lain dari tanaman ini adalah tumpang air, tumpang angin, sladanan, saladaan, rangu-rangu, ketumpangan ayer, ataupun gofu doroho. Tinggi tanaman ini hanya 10-20 cm dengan batang yang tegak, lunak, dan berwarna hijau muda.

Daun suruhan adalah tanaman herbal asli Indonesia yang sering diabaikan, lebih sering dianggap gulma atau tanaman pengganggu. Tanaman ini ternyata  dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengobatan herbal. secara tradisional telah dimanfaatkan dalam mengobati beberapa penyakit, seperti abses, bisul, jerawat, radang kulit, penyakit ginjal, dan sakit perut (Hariana, 2006). Masyarakat di beberapa daerah di Sulawesi Utara juga telah  memanfaatkan tanaman ini untuk penurun kolesterol darah. Tarigan et al. (2012 melaporkan bahwa ekstrak etanol herba suruhan mempunyai efek antihiperurisemia terhadap mencit. Tumbuhan suruhan memiliki potensi  sebagai senyawa antikanker, antimikroba dan antioksidan. Kemampuan tanaman suruhan sebagai tanaman obat diduga berkaitan erat dengan kandungan antioksidan pada tanaman tersebut.

Secara umum penggunaan suruhan sebagai alternatif herbal adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi Pegal Linu

Pegal linu  adalah nyeri otot yang disebabkan karena terlalu banyak beraktivitas fisik, kurang kalsium atau vitamin D, stres, hingga adanya penyakit di dalam tubuh. Salah satu cara alami  untuk mengatasi pegal linu adalah dengan mengonsumsi daun suruhan sebagai lalaban , menumis dll. Daun suruhan dipercaya dapat mengembalikan stamina dan meningkatkan  energi.

2. Mengurangi Rasa Nyeri pada Tubuh

Daun suruhan bermanfaat  untuk mengatasi nyeri tubuh, nyeri otot, serta nyeri sendi. Caranya yaitu dengan  meminum air rebusan daun suruhan saat mengalami gejala nyeri tubuh.

3. Mengobati Sakit Kepala

Jika Anda secara konstan mengalami sakit kepala atau migrain, maka Anda bisa minum air rebusan dan suruhan secara berkala. Daun suruhan juga bisa menyembuhkan vertigo secara alami. Seluruh bagian dari daun suruhan dapat Anda manfaatkan sebagai obat sakit kepala alami.

4. Membunuh Bakteri Jahat

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun suruhan memiliki kandungan i senyawa patuloside A dan glikosida xanthone. Senyawa-senyawa tersebut adalah sumber yang sangat efektif untuk membunuh bakteri.

5. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun suruhan bermanfaat  sebagai obat herbal alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai penguat imun. Caranya yaitu dengan meracik daun suruhan menjadi rebusan dan meminumnya .

6. Antiinflamasi

Daun suruhan  mengandungan zat anti inflamasi   yang efektif mencegah dan mengobati radang. Meminum rebusan daun suruhan lebih baik dari pada meminum obat anti inflamasi yang biasanya mengandung efek samping.

7. Obat alami  Ginjal

Daun suruhan memiliki kandungan alami yang baik untuk ginjal. caranya yaitu memiilih daun suruhan segar beberapa lembar , cuci sampai bersih. Rebus 3 gelas air ,  masukkan daun suruhan tersebut, tunggu hingga mendidih.  minum air rebusan  tersebut secara teratur.

8. Pencegahan Kanker

Daun suruhan juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.  Daun suruhan memiliki senyawa P. Pellucida yang berfungsi untuk memperlambat sel kanker. Cara yang mudah yaitu mengkonsumsi dan meminum rebusan daun suruhan.

9. Antioksidan

Daun suruhan mengandung antioksidan alami yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. . Minyak esensial dari daun suruhan mengandung senyawa bioaktif kuat dengan sifat-sifat anti bakteri dan pembasmi radikal. Ekstrak suruhan kering memiliki kandungan total antioksidan yang lebih tinggi daripada ekstrak suruhan segar, dengan konsentrasi ekstrak suruhan kering 3,25 mmol/100g dan ekstrak suruhan segar dengan konsentrasi 0,21 mmol/100g. (Jurnal Ilmiah Sains Vol. 13 No. 2, April 2013)

10.  Antibiotik Alami

Daun suruhan juga berperan sebagai antibiotik alami bagi tubuh, untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan menghindari terjadinya infeksi . Peperomia pellucida menunjukkan aktivitas agen antibakteri staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa, dan Escheichia coli. Hal ini menunjukkan adanya potensi sebagai suatu spectrum anti biotik.

11. Menurunkan Demam pada Anak

Daun suruhan bermanfaat untuk mengatasi demam dengan  menumbuk atau menghaluskan daun suruhan secukupnya. Selanjutnya kompres anak dengan tumbukan tersebut sambil mengamati suhu tubuh anak sampai turun dan membaik.

12. Mengobati Asam Urat

Daun suruhan terkenal sebagai obat alami paling ampuh untuk menyembuhkan asam urat. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun suruhan satu gelas tiap hari. Dapat juga  menambahkan madu agar manfaat daun suruhan bisa semakin maksimal.

13. Mengobati Luka Bakar

Zat alami di daun suruhan dapat membuat luka bakar di kulit cepat sembuh. Caranya yaitu Menyiapkan beberapa lembar daun suruhan, mencuci sampai bersih. Haluskan daun suruhan. Tempelkan secara merata pada kulit yang terbakar atau luka memar. Bisa juga  membalutnya dengan perban agar lebih mudah. Diamkan selama beberapa saat sampai ekstrak daun suruhan terserap.

14. Mengobati Radang Kulit

Radang kulit atau ruam pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Daun suruhan dapat menjadi alternatif penyembuhan karena daun suruhan memiliki banyak kandungan alami anti inflamasi. Cara mengolah daun suruhan sangat mudah. Anda bisa merebus daun suruhan lalu meminum extrak rebusannya sebanyak satu gelas dua kali per hari.

15. Mengobati jerawat

Daun suruhan mengandung anti bakteri sehingga sangat bagus untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bisul. Cara mengolah daun suruhan untuk obat jerawat atau bisul: Siapkan beberapa lembar daun suruhan,  cuci bersih. Rebus daun suruhan dalam 3 gelas air, tunggu sampai air menyusut 20-30% . Minum rebusan daun suruhan satu gelas setiap hari.

Meskipun daun suruhan sangat bermanfaat, penggunaannya tidak boleh berlebihan. Pastikan penggunaannya tepat dosis,  sehingga sebaiknya konsultasi dengan ahli farmasi bila diperlukan.

Penulis  : Mr.Nan PIM

Pustaka :

  • Tarigan, I.M. br, S. Bahri dan A. Saragih.2012. Aktivitas Antihiperurisemia Ekstrak Etanol Herba Suruhan                             (Peperomia pellucida (L.) Kunth) Pada Mencit Jantan. Journal of Pharmaceutics and Pharmacology                           1(1):37-43.
  • Hariana, 2006. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta:
  • Jurnal Ilmiah Sains Vol. 13 No. 2, April 2013
  • farmasi-id.com
  • berbagai sumber lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hubungi kami via WhatsApp.
Powered by