AKFAR PIM dan Puskesmas Polowijen Beri Edukasi Pengolahan Sampah Rumah Tangga

AKADEMI FARMASI PUTRA INDONESIA MALANG Jumat, 30 April 2021 mengadakan webinar kuliah tamu dengan tema, ” Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga”. Sebagai nara sumber yaitu Anita ReskyD.S., SKL  dan moderator Annisa Lailatusy Syarifah, M.Si. Turut hadir dalam kegiatan tersebut : Direktur AKFAR PIM, Dr.apt Bilal Subchan Agus Santoso, M.Farm , Ka.Prodi  : Apt. Lailiyatus Syafah, M.Farm, peserta dari mahasiswa AKFAR PIM dan peserta external. Narasumber merupakan Sanitarian Mahir dari Puskesmas Polowijen Kota Malang.

Tujuan webinar yaitu memberikan informasi dan edukasi kepada civitas akademika AKFAR PIM dan seluruh peserta terhadap pengolahan sampah khususnya sampah rumah tangga. Para peserta juga diharapkan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh sehingga dapat berkontribusi dalam pengolahan sampah rumah tangga.

Dr. Apt. Bilal Subchan Agus Santoso, M.Farm dalam sambutannya mengatakan bahwa acara  webinar ini sangat bermanfaat terutama bagi kita yang bergerak di bidang kesehatan agar kita semua dapat mengetahui apa itu PHBS yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, diantaranya tentang pengolahan sampah rumah tangga.

Narasumber dalam webinar ini memberikan penjelasan lengkap  mulai dari definisi sampah, jenis jenis sampah, TPS (Tempat Penampungan Sementara) hingga tempat TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Gerakan yang dianjurkan untuk mengelola sampah yaitu 5R/5M :

1. Refuse/ Menolak , contoh menolak penggunaan produk sekali pakai.

2. Reduce/ Mengurangi , misal hemat penggunaan air.

3.Reuse/ menggunakan kembali , misal botol kaca bekas sebagai media tanam

4.Recycle/ mendaur ulang , misal membuat mainanedukatif dari kardus bekas.

5. Rot/Membusukkan, misal membuat kompos

Dalam mengelola sampah, narasumber juga menjelaskan tentang strategi 3 pintu sampah rumah tangga yaitu memilah sampah mulai dari pintu depan (tahap pra konsumsi meminimalkan dan mengurangi sampah yang akan masuk ke rumah), pintu tengah (Tahap konsumsi, mencegah terjadinya sampah terbuang dan pintu belakang (tahap pasca konsumsi, sampah yang terlanjur masuk ke rumah harus diolah).

Antusias mahasiswa sangat terlihat ketika dibuka sesi tanya jawab. Salah satu peserta yaitu Intan menanyakan tentang cara mengatasi pengolahan surgical mask (penggunaan masker) di rumah (tanpa bantuan fasilitas sampah) karena di desa-desa pelosok jarang terdapat fasilitas pengolahan sampah.

Kegiatan Webinar diakhiri narasumber dengan memberikan kesempatan kepada peserta seminar menghubungi narasumber secara pribadi jika masih ada pertanyaan pertanyaan yang  belum terjawab. Informasi lebih lengkap tentang webinar ini dapat diakses melalui link youtube : https://youtu.be/iq49snPcO4w .

Humas PIM, Nan DKK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *