AKAFARMA PIM :10 BESAR lomba KaryaTulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional 2021

AKADEMI ANALIS FARMASI DAN MAKANAN PUTRA INDONESIA MALANG (AKAFARMA-PIM) mengirimkan delegasi mahasiswanya untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh  UIN Maulana Malik Ibrahim  Malang dengan tema: Health Sciences and Medical Research for Young Scientist.

Beberapa tahapan dalam lomba ini yaitu pendaftaran, pengumpulan abstrak, pengumuman lolos 10 besar, pengumpulan full paper 10 besar, presentasi peserta yang lolos 10 besar dan pengumuman pemenang.  Dari tahapan tersebut tim AKAFARMA-PIM berhasil meloloskan 2 kelompok menjadi 10 besar dilanjutkan dengan presentasi pada hari Rabu, 2 Juni 2021. Dua Judul dari TIM AKAFARMA-PIM yang lolos 10 besar tersebut tersebut adalah :

1. Efektifitas Jamu Probiotik Sebagai Hepatoprotektor In Vivo Pada Mencit Yang Terpapar Borax. Dengan Ketua TIM : Ayrton Hega Alpha Zona

2.PEMANFAATAN TEPUNG AMPAS TAHU PADA OLAHAN PANGAN FUNGSIONAL SEBAGAI PENINGKAT AIR SUSU IBU , dengan ketua TIM : RENDIKA

Dalam presentasinya Ayrton Hega Alpha Zona mengungkapkan bahwa tim nya dari AKAFARMA PIM membuat inovasi jamu probiotik sebagai sesuatu yang unik dan belum ada jurnal penelitian tentang jamu yang difermentasi. Jamu tersebut diextrak dari temulawak ditembahkan probiotik yang ditumbuhkan dari media air cucian beras. Latar belakang dari munculnya produk tersebut adalah banyaknya makanan dikonsumsi yang terkontaminasi borax. Peran Jamu probiotik yaitu dapat mengurangi radikal bebas dan sebagai anti oksidan.

dr. Abdul Maling Setiawan M.infect.Dis sebagai juri memberikan masukan dan komentar  tentang pengukuran kadar MDA hepar dan perlunya kontrol pemberian sediaan jamu tanpa probiotik dalam analisa uji, pada penelitian tersebut kontrol yang diberikan yaitu hewan uji tanpa pemberian jamu.

Ambar Fidyasari, STP., MP. selaku dosen pembimbing dari kedua tim tersebut mengungkapkan bahwa AKAFARMA  mengirimkan 10 judul dan hanya 2 judul yang masuk menjadi  10 besar. Lomba ini adalah ajang pembelajaran mahasiswa akafarma untuk berlatih kemampuan dalam mengemukakan pendapat sesuai kompetensi yg didapatkan di Akafarma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *