AKAFARMA Dampingi Penilaian Kota Sehat. Tim Penilai: Kagum Inovasi Makanan Kreasi Kampung Baran Agro

MALANG – Setelah sukses dalam Lomba Kampung Tematik Kota Malang beberapa tahun silam, Kampung Organik Baran Agro Bela Negara Lesanpuro makin mantap setelah lolos melaju dalam lomba tingkat nasional mewakili Malang dan Jawa Timur.

Berlokasi di Perumahan PNS Kota Malang, kampung organik yang diklaim memiliki udara bersih dan sejuk ini bersaing dengan beberapa daerah di Indonesia dalam lomba Kota Sehat tingkat Nasional 2019.

BACA JUGA: Tingkatkan Mutu Pendidikan,YPIM Gelar Workshop Penyusunan Dokumen SPMI

Lolosnya kampung yang memproduksi sayur organik ini tak lepas dari peran serta D3 Kefarmasian Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) dan Akademi farmasi (AKFAR) Putra Indonesia Malang (PIM)yang senantiasa mendampingi dan membina warga Baran Agro dalam memanfaatkan dan mengolah serta menginovasi hasil tanaman yang ada di sekitarnya.

Produksi sayuran Kampung Baran Agro saat ini dipasarkan di beberapa minimarket di kota Malang dan menjadi favorit karena sayuran dari kampung ini bebas pestisida buatan. Selain sayur organik Baran Agro Belanegara juga menginovasi ubi jalar menjadi beberapa makanan olahan seperti beras tiruan dan dendeng nabati.

Selain inovasi makanan olahan, Kampus yang bertagline Touch Your Future tersebut telah mendampingi warga Kampung Baran Agro untuk memproduksi Gansela yakni minuman kesehatan yang terbuat dari Pegagan dan Rosella yag berfungsi sebagai obat diabetes dan hipertensi atau darah tinggi.

BACA JUGA: Isak Tangis Iringi Refleksi Diri Doa Bersama untuk Negeri Kampus PIM

Tim penilai yang diwakili Endang Widyawati terkagum dengan beberapa makanan inovasi yang sudah diciptakan oleh warga Kampung Baran Agro. Dari kunjungannya di Malang, wanita berhijab ini mengapresiasi dan menyampaikan tak ada evaluasi yang berarti dari kampung organik Baran Agro Lesanpuro.

“Kami selalu mensupport Kampung organik Baran Agro Belanegara Lesanpuro, dan terimakasih atas kerjasamanya. Semoga terus berlanjut dan sama-sama memajukan Kota Malang khususnya Lesanpuro RW 05”, ujar Dr. Sentot Joko Raharjo, M.Si, Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Putera Indonesia Malang (YPIM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hubungi kami via WhatsApp.
Powered by