DAUN INSULIN Mampukah Menurunkan KADAR GLUKOSA DARAH

Daun yacon (Smallanthus sonchifolius) lebih dikenal sebagai daun insulin di masyarakat. Tanaman yacon bersama dengan 21 spesies Smallanthus lain termasuk dalam kelas Asteraceae. Spesies ini tumbuh subur di lereng Pegunungan Andean, Amerika Latin. Suhu optimum untuk pertumbuhan yacon ini adalah 18-25 °C, tetapi juga masih bisa menolerir sampai suhu 40 °C tanpa mengurangi hasil panen, jika disiram dengan jumlah air yang kuat. Umumnya, penanaman optimum untuk yacon ini sedalam 800 mm. Yacon dapat hidup di berbagai macam tanah, tetapi lebih bagus tumbuh di tanah yang teraliri air dengan baik, dengan struktur tanah yang bagus. Pertumbuhan buruk jika ditanam di tanah yang keras. Yacon juga bisa hidup di pH mulai dari yang asam sampai basa (lemah). Di Indonesia sudah banyak didapatkan tanaman ini, khususnya di daerah pegunungan. Banyak orang Indonesia yang sudah mengembangbiakannya.

 Kandungan Dan Manfaat  Daun Insulin

Daun insulin mengandung protein, lipid, serat, dan sakarida, catechone, terpenes, dan flavonoid. Daun tersebut memiliki efek seperti insulin, yaitu menurunkan produksi glukosa di hepatosit. Penelitian Baroni et al. (2008) menunjukkan bahwa daun insulin yang dikonsumsi dalam sediaan teh dapat menurunkan glukosa darah dan meningkatkan jumlah insulin pada tikus diabetes.  Daun insulin mengandung fructooligosacarida, flavonoid, Smallanthaditepenic acids A,B, C dan D yang berperan dalam regulasi gula darah. Daun insulin juga mengandung komponen phenol, chlorogenic, caffeic, dan ferulic merupakan antioksidan yang pada tikus DM dapat memperbaiki sel β pankreas dan menekan kadar gula dalam darah.

Macam sediaan yang pernah diteliti adalah roots aqueous extract, methanol extract, buthanol extract, chloroform extract, yacon flour, 10% yacon solution dan memakan buah yacon. Semuanya menunjukkan efek yang baik pada diabetes dengan dosis yang bermacam-macam. Pada tepung akar yacon kaya akan fructooligosaccharides (FOS) yang memberikan manfaat pada diabetes dengan hiperlipidemia dengan menurunkan kadar fasting plasma triacylglycerol dan low-density lipoprotein (LDL)

Cara Mengonsumsi Daun Insulin

Kebanyakan orang langsung mengunyah daun insulin setiap pagi dan malam hari guna menurunkan kadar gula darah. Daun insulin dapat pula diolah  terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, contohnya dengan mengeringkannya. Setelah dikeringkan, daun dapat ditumbuk halus hingga menjadi bubuk. Setelah itu, bubuk tersebut ditakar secukupnya untuk satu gelas dan dilarutkan dengan air agar dapat diminum. Bubuk daun dari tanaman insulin ini telah terbukti efektif dalam mengendalikan kadar gula darah. Beberapa studi menunjukkan, apabila konsumsi daun insulin bersamaan dengan obat konvensional membantu untuk menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi akibat diabetes. Disebutkan juga apabila setelah 15 hari mengonsumsi daun Costus igneus ini akan terjadi penurunan tajam terhadap kadar gula darah. Meski begitu, daun insulin tidak benar-benar mengobati penyakit diabetes. Metode ini hanya dapat mencegah pengidap diabetes untuk tidak mengalami komplikasi berbahaya. Penggunaan tanaman herbal ini sebaiknya di bawah pengawasan dokter. Dokter akan menilai apakah ada efek samping yang mungkin terjadi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan yang ada.

 

  • MAJORITY I Volume 5 I Nomor 4 I Oktober 2016 I 133 Prizka Putri Pahlawan & Dwita Oktaria │ Pengaruh Daun Insulin (Smallanthus sonchifolius) sebagai Antidiabetik.
  • Candra Achmad Hanif Rosyidi, 2014 , EFEK EKSTRAK DAUN INSULIN (SMALLANTHUS SONCHIFOLIA) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
  • www.halodoc.com
Humas PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *