Pangan Bergizi Tidak Harus Mahal

(Ambar Fidyasari Dosen AKAFARMA PIM)

Dewasa ini, masyarakat dituntut untuk cerdas memilih dan memilah makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini dikarenakan banyak jenis makanan tidak sehat yang beredar di pasaran, seperti tahu, bakso, dan mie yang mengandung formalin dan boraks, makanan junk food, dan makanan minuman yang mengandung pemanis, pewarna, dan pengawet sintetis yang tidak dianjurkan oleh pemerintah. Jika semua itu dikonsumsi terus menerus oleh masyarakat, maka akan memiliki dampak negatif bagi kesehatan yaitu obesitas, kanker, hiperkolesterol, hipertensi, dan akhirnya mengarah pada resiko Coronary Heart Diseases (CHD) atau penyakit jantung koroner. Penyakit ini merupakan salah satu faktor penyebab kematian utama di negara berkembang, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi terhadap pembuatan pangan sehat bergizi untuk masyarakat.

Melihat tuntutan tersebut AKAFARMA–PIM senantiasa membuat terobosan baru berupa produk-produk inovasi yang dapat dinikmati masyarakat dengan memanfaatkan berbagai bahan pangan lokal, sayuran, dan limbah hasil pengolahan pangan yang masih memiliki nilai ekonomis tinggi. Harga yang terjangkau, kandungan nutrisi yang baik serta memiliki dampak baik pada kesehatan, maka hasil produk pangan AKAFARMA–PIM ini bisa dimasukkan ke dalam golongan pangan fungsional. Pangan apa saja yang kira kira sudah dihasilkan AKAFARMA ya???? Lezat, bergizi, menarik dapat berfungsi sebagai pangan fungsional memberikan sensasi luar biasa simak yukkk apa saja……

Kecap instan merupakan salah satu hasil inovasi mahasiswa yang dibuat dari limbah tahu atau biasa disebut ampas tahu. Kecap yang biasa dikonsumsi masyarakat saat ini adalah kecap cair yang terbuat dari kedelai melalui proses fermentasi. Pembuatan kecap umumnya dilakukan dengan metode fermentasi yang membutuhkan waktu cukup lama, berbeda dengan proses enzimatis yang hanya memerlukan waktu lebih singkat. Nah uniknya kecap ini dibuat melalui proses enzimatis sehingga waktunya lebih cepat. Pembuatan kecap dengan metode enzimatis ini membutuhkan enzim yang dapat menghidrolisa protein salah satunya adalah enzim bromelin yang didapat dari buah nanas dan kecap yang dihasilkanpun rasanya gurih manis dan nikmat. Dilihat dari sisi bentuk kecap ini berbeda dengan kecap cair dipasaran karena disini dibuat dalam bentuk serbuk sehingga umur simpannya lebih panjang, produk mudah dan cepat ditangani, dibawa, dan disajikan.

Tak kalah penting lagi AKAFARMA juga memiliki produk nuggets yang berbahan dasar kedelai. Mengapa pilihan ini jatuh pada kedelai..ya memang disini konsep yang ingin dihadirkan AKAFARMA adalah produk produk pangan yang berbasis nabati. Telah kita ketahui bahwa produk nabati lebih aman terutama bagi kalangan masyarakat yang memiliki riwayat penyakit degeneratif. Nuggets nabati berbahan dasar kedelai ini memiliki keunggulan, protein yang terkandung dalam kedelai yaitu asam amino arginin dan glisin dimana kedua asam amino ini merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glikogen yang disekresi oleh kelenjar pangkreas dalam tubuh, karena itu semakin tinggi protein yang ada didalam kedelai sekresi hormon insulin dan glikogen akan meningkat,sehingga dapat menekan kadar glukosa dalam darah,dan bagi penderita diabet maka dapat ditekan oleh protein tsb. Selain proteinnya yang tinggi kedelai terdiri dari asam lemak jenuh sehingga tidak menyebabkan kolesterol, sedangkan kandungan isoflavonnya dapat mencegah keriput serta merangsang pembentukan kolagen. Luar biasa yaaaa…ternyata kedelai yang biasanya dibuat tempe dan tahu kini juga bisa loo dibuat menjadi nuggets tinggal mengkombinasi dengan berbagai macam sayuran maka makin lengkaplah nilai gizinya.

Produk yang satu ini pun juga cukup diminati Abon yang juga berbahan dasar ampas tahu. Sepertinya kog semua dari ampas ya??? Apa tidak berbahaya nich?? Eitzz jangan salah teman teman meskipun limbah namun ampas tahu ini memiliki berbagai keunggulan yakni seratnya yang sangat tinggi berperan baik untuk pencernaan seperti sembelit dan wasir serta kanker kolorektal. Selain itu pemanfaatan ampas tahu ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai ekonomis ampas tahu. Kita tau bukan bahwa selama ini ampas tahu biasa digunakan masyarakat sebagai pakan ternak. Kita harus cerdas dan pintar bahwa sebetulnya dibalik limbah itu masih terkandung manfaat yang luar biasa. Abon yang diolah dari limbah ini memiliki kandungan gizi yang masih cukup tinggi, rasanya pun tidak kalah gurih dengan abon daging maupun ikan. Berbagai kombinasi rempah pada proses pembuatanya menjadikan abon ini lezat dan enak.
Satu lagi produk yang bisa membuat sensasi luar biasa,. Puding berbahan dasar susu kedelai yang dikombinasi dengan jagung manis ini bisa memberikan rasa segar bagi tubuh. Susu kedelai yang aman bagi mereka yang biasa laktointoleran juga kandungan jagung manis nya yang kaya phytochemical, sehingga memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit kronis. Antioksidan nya bertindak sebagai agen anti-kanker dan mencegah Alzheimer.

Luar biasa manfaat dari berbagai pangan inovasi AKAFARMA ternyata memang perlu disadari bahwa pangan bergizi tidak perlu mahal. Tentunya kita bisa memanfaatkan berbagai macam sayur, buah, limbah dan bahan olahan lain menjadi produk pangan fungsional. Produk pangan yang telah dihasilkan mahasiswa juga cukup banyak MSG dari jamur tiram, dendeng jantung pisang, yogurt jeli, sereal dari bekatul, Nata dari selada air dan masih banyak lagi. Kira kira bagaimana rasa dari berbagai macam produk inovasi AKAFARMA ya??? Yuk segera datang berbondong bondong ke AKAFARMA dan menikmatinya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hubungi kami via WhatsApp.
Powered by