Varian Baru Corona Disebut Cepat Menular pada Anak, Ini Penjelasan Ahli

Jakarta – Varian baru Corona COVID-19 yang dilaporkan di Inggris disebut lebih mudah menular sampai 71 persen bila dibandingkan virus COVID-19 pada umumnya. Anak-anak jadi kelompok yang berisiko karena penularan varian ini dilaporkan banyak terjadi di antara mereka.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia, Profesor Dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM, menjelaskan varian baru Corona sempat disebut lebih menular pada anak karena saat itu Inggris masih melaksanakan sekolah tatap muka.

“Sehingga yang terjadi ada peningkatan yang terinfeksi di anak-anak. Pada waktu diperiksa ternyata peningkatan infeksi di anak akibat varian B117 ini lebih banyak dibandingkan varian yang lama,” kata Prof Zubairi dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Selasa (29/12/2020).

Terkait hal tersebut, Prof Zubairi menyarankan agar Indonesia meninjau kembali rencana pembukaan sekolah pada awal Januari mendatang. Adanya varian baru Corona ini akan menempatkan anak-anak yang masuk ke sekolah dalam risiko lebih berbahaya.

“Mohon diperhatikan. Kalau misalnya terpaksa harus buka juga maka harus monitor amat sangat ketat. Kalau perlu kebijakannya disesuaikan,” pungkas Prof Zubairi.

Sumber  : https://health.detik.com/

Apry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hubungi kami via WhatsApp.
Powered by