BINAHONG , Manfaat, Cara Penggunaan Dan Efek Sampingnya.

Anredera cordifolia (Ten.) Steenis atau biasa dikenal dengan sebutan binahong merupakan tanaman menjalar yang bersifat perenial (berumur lama). Dalam daun ini, terkandung beragam nutrisi, diantaranya karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, vitamin, mineral, dan juga elektrolit dalam jumlah yang bervariasi.

Binahong berkhasiat untuk menyembuhkan wasir, gangguan sakit kepala, gatal-gatal, menjaga daya tahan tubuh, diare, disentri, susah buang air besar, flu tulang, usus bengkak, sesak nafas, darah rendah, kolesterol tinggi, gangguan kesehatan pasca operasi dan melahirakan, meningkatkan vitalitas pria, tipes, pembengkakakan dan pembekuan darah, diabetes, maag, asam urat, encok, pegal linu, stroke (Nuraini, 2014).  Mempercepat penyambungan tulang yang patah (Murtie, 2013) dan antibakteri (Paju et al., (2013))

Cara penggunaan daun Binahong antara lain:

1. Mengobati luka bakar

Ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar  dengan cepat. Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik jika dibandingkan dengan tidak menggunakan daun binahong. Cara yang sederhana yaitu menumbuk daun Binahong dan menempelkan pada kulit yang terbakar.

2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Caranya cukup dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Diminum dua kali sehari.

3. Mengobati asam urat

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah mengobati asam urat . Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh. Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Setelah memakan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, sebaiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

4. Mengobati maag

Konsumsi Daun Binahong  menurut beragam sumber bisa membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit, selain itu dapat mengobati penyakit maag akut . Caranya yaitu dengan mengonsumsi daun binahong sebagai lalapan atau menumis, sehingga asam lambung  tetap terkendali dan penyakit maag tidak kambuh.

5. Mencegah diabetes

Diabetes dapat dikendalikan dengan mengatur pola makan yang baik,selain itu dapat pula memanfaatkan  daun binahong untuk menjaga keseimbangan gula darah.. Caranya  yaitu dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

6. Mencegah kanker

Kanker menjadi mimpi buruk banyak orang. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh. Tapi kabar baiknya, manfaat daun binahong selanjutnya dapat mencegah terjadinya kanker.Kandungan antioksidan dalam daun binahong terbukti efektif mencegah kanker. Caranya yaitu merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

7. Memulihkan stamina

Air rebusan daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan. Caranya yaitu merebus 3 daun binahong dengan 6 gelas air hingga mendidih dan mengonsumsinya secara berkala. Air rebusan daun binahong juga dapat meningkatkan vitalitas pria jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat. 

8. Mengatasi anemia

Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Kondisi ini memerlukan  zat besi untuk mengimbanginya. Daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah sehingga tidak lagi merasakan anemia.

Efek samping daun binahong

 Beberapa efek samping daun binahong di antaranya:

  • Jika dikonsumsi berlebihan menimbulkan rasa pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia
  • Sebaiknya tidak dikonsumsi bersama zat stimulan lain seperti teh dan kopi. Kandungan efedrin dalam daun binahong jika dikonsumsi bersamaan teh dan kopi dapat memicu  jantung berdebar.

PUSTAKA

Murtie, Afin. 2013. Kupas Tuntas Pengobatan Tradisional. Yogyakarta

Nuraini, D., (2014). Aneka daun berkhasiat untuk obat. Yogyakarta:

Paju, Niswah, Paulina V.Y. Yamlean, Novel Kojong. 2013. “Uji Efektivitas Salep. Ekstrak Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *