Profil Akfar

Selayang Pandang

Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (Akfar PIM) merupakan institusi pendidikan pertama yang menghasilkan lulusan tenaga teknis kefarmasian di wilayah Jawa Timur. Akfar PIM diselenggarakan oleh Yayasan Putera Indonesia Malang (YPIM). Yayasan ini berdiri pada 22 Juli 1970 atas dasar kepedulian terhadap meningkatnya kebutuhan tenaga teknis kefarmasian di Kota Malang. Institusi pertama yang dinaungi adalah Sekolah Asisten Apoteker (SAA).

Sebagai sekolah yang tergolong langka, dalam waktu yang singkat, tepatnya tahun 1974, SAA telah dikenal oleh masyarakat yang tinggal di Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Timor Leste, bahkan Irian Barat. Fenomena ini menunjukkan semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat luas terhadap kualitas lulusan Putra Indonesia Malang.

Tahun 1996 pemerintah menyarankan Yayasan Putera Indonesia Malang untuk melakukan konversi dari jenjang sekolah menengah ke jenjang pendidikan tinggi setingkat diploma III. Konversi ini berkaitan dengan keputusan pemerintah, bahwa sumber daya manusia yang bekerja di dunia kesehatan minimal harus berijazah Diploma III (D-3).

Melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.00.06.1.1.488. bertanggal 12 Februari 1996, YPIM memiliki kewenangan dan hak untuk mendirikan Akademi Analis Farmasi dan Makanan. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang pelayanan dan produksi, pada 23 Juni 1997 lahirlah Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang melalui SK Menteri Kesehatan RI Nomor HK.00.06.1.1.1950. Kedua akademi tersebut setingkat D-3 untuk bidang kefarmasian pertama di Indonesia.

Akfar PIM bertujuan untuk menghasilkan lulusan Ahli Madya Farmasi yang kompeten sebagai tenaga teknis kefarmasian di bidang farmasi komunitas, farmasi industri, dan farmasi bahan alam. Sejak awal berdiri hingga kini Akfar PIM telah menghasilkan ribuan lulusan yang menjadi tenaga teknis kefarmasian. Mereka berkontribusi dalam berbagai bidang pekerjaan kefarmasian baik di rumah sakit, Puskesmas, klinik kesehatan, apotek, industri obat, maupun industri obat tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa Akfar PIM mampu menghasilkan lulusan berkompeten dan dipercaya dunia usaha, dunia industri, serta pemerintah.

Untuk menghasilkan lulusan berkompeten, pengelola Akfar senantiasa melakukan perbaikan dalam proses belajar mengajar. Salah satu strategi yang dikembangkan adalah menghasilkan lulusan berkarakter pharmapreneur. Melalui pembangunan karakter ini, mahasiswa diharapkan berkompeten di bidang kefarmasian sekaligus mandiri sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan yang terkait dengan bidang farmasi.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Visi Akfar PIM adalah “Menjadi institusi pendidikan vokasi kefarmasian bertaraf nasional yang mampu menghasilkan lulusan unggul berkarakter pharmapreneur di bidang farmasi komunitas pada tahun 2021.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran diploma tiga farmasi yang berpusat kepada peserta didik dengan pendekatan pembelajaran yang efektif berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkuat posisi Akfar PIM pada tingkat nasional.
  2. Mengembangkan karakter pharmapreneur peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang mampu tetap mengembangkan diri dan bersaing di dunia kerja di tingkat nasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian secara kreatif dan inovatif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kefarmasian dengan unggulan farmasi komunitas yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pemenuhan tanggung jawab sosial secara optimal berupa pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat.
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi farmasi dan non-farmasi, pemerintah dan swasta serta dunia kerja secara nasional.
  6. Menerapkan sistem manajemen mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan alam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan

  1. Menghasilkan pendidikan dan pembelajaran diploma tiga farmasi yang berpusat kepada peserta didik dengan pendekatan pembelajaran yang efektif berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkuat posisi AKFAR PIM pada tingkat nasional
  2. Menghasilkan lulusan yang berkarakter pharmapreneur yang mampu tetap mengembangkan diri dan bersaing di dunia kerja di tingkat nasional
  3. Menghasilkan karya penelitian yang kreatif dan inovatif hasil dari pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kefarmasian dengan unggulan farmasi komunitas sehingga bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Menghasilkan karya hasil pengabdian kepada masyarakat di bidang kefarmasian dengan unggulan farmasi komunitas
  5. Menghasilkan kerjasama dengan perguruan tinggi farmasi dan non-farmasi, pemerintah dan swasta serta dunia kerja secara nasional
  6. Menghasilkan lembaga pendidikan dengan tata kelola yang baik, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan

3. Akreditasi

Akfar Putra Indonesia Malang telah terakreditasi dengan predikat “B” oleh LAM-PTKES sesuai SK NO. 0355/LAM-PTKes/Akr/ Dip/V/2018 tanggal 26 Mei 2018, untuk program studinya.

Open chat
1
Hubungi kami via WhatsApp.
Powered by